Jangan Salah Pilih! Berikut ini 8 Tips Memilih Laptop yang Tepat

|

tips memilih laptop

Laptop merupakan perangkat penting bagi banyak orang karena dapat membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan fleksibel. Tapi kebanyakan orang bingung untuk menentukan atau membeli laptop. Oleh karena itu pentingnya untuk mengetahui tips membeli laptop sesuai dengan kebutuhan.

Pemilihan laptop yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pastinya akan membantu pekerjaan diselesaikan secara optimal. Lalu bagaimana agar sobat CariInformasi dapat membeli laptop sesuai dengan kebutuhan? Berikut ini beberapa tips memilih laptop yang tepat!

1. Sesuaikan Budget

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah budget atau anggaran yang tersedia. Dengan pertimbangan yang baik pastinya akan membantu kamu untuk membatasi pencarian model laptop yang akan dibeli sesuai dengan kemampuan.

Dengan memikirkannya secara matang maka kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli laptop yang tidak sesuai kebutuhan.

2. Sistem Operasi (OS)

Tips kedua yang perlu kamu pikirkan adalah kebutuhan mengenai sistem operasi atau OS laptop. Seperti di pasaran sistem operasi laptop beragam. Ada 3 jenis sistem operasi yang menjadi favorite bagi banyak orang yaitu Window OS, MacOS(Macbook), dan ChromeOS(Chromebook).

Sistem operasi merupakan pilihan pribadi karena ketiganya memiliki keunggulan masing-masing. Selain itu aplikasi atau software bisa berjalan di laptop juga bergantung dengan sistem operasi yang digunakan. Maka perlunya pertimbangan yang tepat sebelum menentukan sistem operasi laptop.

3. CPU dan GPU

CPU (Central Processing Unit) merupakan otak dari komputer atau laptop yang akan mengeksekusi semua aktifitas. Oleh karena itu komponen ini memiliki pengaruh besar pada kinerja laptop. Setiap laptop memilki CPU dengan arsitektur yang beragam.

Jika kebutuhan yang diperlukan untuk menunjang aktivitas berat seperti game maupun develop maka laptop dengan CPU generasi terbaru dan kecepatan yang tinggi merupakan pilihan yang tepat.

Baca juga  Tips Memilih HP Bagi Pemula

Selain CPU, GPU (Graphics Processing Unit) juga perlu menjadi pertimbangan karena komponen ini akan memproses data-data grafis di laptop. Untuk pekerjaan seperti editing gambar atau video secara intensif pastinya memerlukan peforma yang tinggi maka GPU yang terpisah dari CPU adalah pilihan yang tepat.

4. RAM

Spesifikasi keempat yang perlu dipertimbangkan adalah RAM  (Random Access Memory). Ram berperan sebagai tempat penyimpanan data sementara yang diperlukan oleh prosesor untuk melakukan banyak aktivitas.

Jika kebutuhan yang diperlukan sebagai penunjang aktivitas multitasking atau menjalankankan beberapa aplikasi sekaligus idealnya menggunakan RAM sebesar 8 GB atau 16 GB.

5. Memori Penyimpanan

Selain RAM komponen lain yang memiliki pengaruh penting adalah memori penyimpanan. Memori penyimpanan terbagi atas 2 jenis yaitu HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid State Drive). Kebanyakan laptop yang beredar di pasaran saat ini menggunakan memori SSD karena proses transfer dan memuat data lebih cepat daripada HDD.

Perbedaan itu terjadi karena kedua jenis tersebut memiliki perbedaan cara kerjanya. Maka jika laptop digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran yang besar cocok jika memori SSD menjadi pilihan. Selain jenisnya ukuran memori juga perlu menjadi pertimbangan, ukuran yang disarankan yaitu 256 Gb keatas.

6. Kapasitas dan Daya Tahan Baterai

Sama seperti HP baterai merupakan kebutuhan yang penting apalagi untuk menunjang pekerjaan. Maka laptop dengan baterai yang tahan lama dan dukungan pengisian daya yang cepat pasti menjadi pilihan yang menarik.

Untuk mengetahui kapasitas baterai hal yang bisa dilakukan yaitu dengan meilihat peringkat baterai dalam Watt-jam (Wh) atau Miliamp-jam (mAh) semakin besar angkanya, semakin lama baterai bertahan.

7. Layar

Hal ketujuh yang dipertimbangkan ialah ukuran dan resolusi layarnya. Lebar ukuran laptop bervasiari contohnya dari 13 inci, 15 inci, 16 inci, 17 inci, 18 inci, dan lainnya. Namun yang umum digunakan sekarang ini berukuran 13 inci.

Baca juga  Tips Memilih HP Bagi Pemula

Selain lebar ukuran layer, resolusi layer juga bermacam macam jenisnya. Contohnya Full HD (1920×1080),  WXGA(2560×1600), hingga 4K Ultra HD (3840×2160). Dengan ukuran layar dan resolusi yang sesuai kebutuhan akan membantu dalam menunjang kebutuhan kerja.

8. Kelengkapan Port

Port atau jalur koneksi yang lengkap adalah pertimbangan yang penting sebelum membeli laptop. Sekarang ini banyak merek laptop yang menyediakan port HDMI tapi juga ada yang tidak. Selain itu juga ada laptop yang memiliki port USB Tipe C sebagai port pengisian daya juga ada yang tidak.

Sobat CariInformasi itulah tadi tips memilih laptop yang tepat. Dengan memilih laptop dengan tepat pastinya akan sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan kamu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan pastinya kamu tidak salah pilih!

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *