Negara San Marino, Nomor 5 Terkecil di Dunia!

|

mengenal negara san marino

Kasus pembunuhan terhadap Brigajir J (Brigpol Nofriansyah Yosua Hutabarat) yang melibatkan jenderal bintang dua di kepolisian yaitu Irjen Ferdy Sambo (FS) turut melebar ke kasus-kasus lain. Isu diagram Konsorsium 303 Kaisar Sambo membuat banyak pihak berupaya membongkar hal tersebut.

Baru-baru ini media disibukkan dengan pemberitaan soal penggunaan pesawat jet pribadi oleh bawahan FS yaitu Brigjen Hendra Kurniawan (HK). Penggunaan jet pribadi dengan kode registrasi T7-JAB ini kuat disinyalir berhubungan erat Konsorsium 300 mafia judi online.

Berkat penelusuran terbaru, diketahui pesawat tersebut teregistrasi di San Marino. Negara yang satu ini mungkin kurang familiar di benak Anda. Maka artikel kali ini akan berfokus dalam topik mengenal negara San Marino. Yuk simak artikelnya sampai tuntas.

Sejarah San Marino

San Marino sebagai negara konstitusional pertama di dunia didirikan pada tanggal 3 September 301 atau pada awal abad ke 4 masehi. Negara ini didirikan oleh seorang tukang batu Susunan Kristen yang bernama Santo Marinus. Santo Marinus sendiri berasal dari Pulau Rab (Pulau Arbey dalam bahasa Italia) di Kroasia.

Santo Marinus memilih mengungsi ke Kawasan pegunungan di tengah Italia, lebih tepatnya ke Monte Titano dengan alasan persekusi yang diterimanya sebagai orang Kristen. Awalnya Santo Marinus hanya membangun sebuah gereja, namun kemudian semakin berkembang menjadi komunitas yang lebih besar. Barulah satu abad kemudian nama San Marino terdokumentasi berkat terbentuknya konsep pemerintahan oleh masyarakat setempat.

Negara dengan luas wilayah hanya 61 kilomenter persegi ini kemudian mendapatkan pengakuan kedaulatan dari pemimpin Katolik Roma, Sri Paus. Berkat pengakuan tersebut negara San Marino diakui sebagai negara yang bebas dan berdaulat penuh untuk menentukan kekuasaan sendiri.

Baca juga  11 Fakta Unik Timor Leste, yang Belum Banyak Diketahui

Dikenal sebagai Negara Netral

Selain negara Swiss, San Marino juga dikenal sebagai salah satu negara yang bersikat netral dalam kancah politik dunia. Kenetralan negara San Marino dimulai sejak tahun 1797 sewaktu ada ancaman invasi dari pasukan Napoleon Bonaparte. Berkat hubungan baik antara Antonio Onofri yang menjadi pemimpin San Marino saat itu dengan Napoleon, menyebabkan pasukan tersebut tidak jadi menyerang. Pasukan Napoleon bahkan memberikan perlindungan bagi San Marino.

Kenetralan negara San Marino tidak hanya sampai di situ saja. Hal ini terus berlanjut di masa Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Bahkan negara ini menjadi tempat yang ramah bagi para pengungsi dari Italia. Negara San Marino juga dikenal sebagai negara dengan sistem pemerintahan republik konstitusional pertama di dunia!

Kondisi Geografis

Membahas sebuah negara memang tidak lengkap jika tidak membahas tentang kondisi geografisnya. Secara geografis negara San Marino terkepung oleh negara Italia. Sehingga tak jarang San Marino juga disebut sebagai eksklave.  Eksklave adalah istilah  yang ditujukan untuk menjelaskan wilayah negara atau daerah dalam wilayah suatu negara, yang memiliki ciri bersifat “diskontinuitas teritorial”, atau terpisah dan/atau terkurung di wilayah negara lain.

Demografi San Marino

Negara berdaulat tertua di dunia ini memiliki jumlah penduduk hampir 34 ribu jiwa berdasarkan sensus penduduk tahun 2020. Bahasa yang digunakan oleh mayoritas penduduknya adalah bahasa Italia dan bahasa Rogmanol (sebuah dialek bahasa dari wilayah Emilia-Romagna). Sedangkan agama yang dianut mayoritas beragama Katolik Roma dengan persentase sebanyak 97 persen penduduk.

Fakta Unik San Marino

Permukiman Penduduk

Sebelum menutup ulasan kali ini, saya senang membagikan fakta-fakta unik tentang Negara San Marino. Berikut fakta-faktanya.

  • Negara terkecil nomor 5 di dunia
Baca juga  13 Fakta Unik Negara Nepal: Bukan Sekadar Puncak Gunung

Luas wilayah yang hanya sebesar 61 kilometer persegi membuat negara ini berada di peringkat 5 sebagai negara dengan luas wilayah terkecil di dunia. Luas wilayah negara San Marino hanya sedikit lebih luas dari Kota Salatiga di Jawa Tengah.

  • Negara pertama yang memiliki layanan pos

San Marino sudah mendirikan layanan pos untuk pengiriman barang sejak tahun 1607. Artinya layanan pos di negara tersebut sudah hadir selama 415 tahun. Belakangan pada tahun 1877, San Marino kemudian membuat pranko pertama di dunia.

  • Tidak memiliki bandara sendiri

Jika Anda ingin berkunjung ke negara ini, Anda tidak bisa memesan tiket penerbangan langsung ke San Marino. Tentu saja karena negara ini tidak memiliki bandara yang melayani penerbangan keluar masuk negara. Kalau ingin berkunjung ke negara ini, bandara terdekat yang bisa dituju adalah bandara internasional Federico Fellini di Kota Rumini Italia.

Sebenarnya masih banyak fakta unik yang bisa dibahas dalam artikel ini, tapi saya merasa perlu membatasi jumlah kata dalam artikel ini agar lebih mudah untuk dibaca. Nantikan fakta-fakta lainnya tentang Negara San Marino dan negara-negara lainnya melalui kanal blog ini!

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *