Mengenal Metode Kaizen: Cara Unik untuk Efektivitas Pekerjaan

|

metode kaizen adalah

Apakah Anda pernah mendengar istilah metode Kaizen? Metode Kaizen adalah istilah yang berasal dari Bahasa Jepang yang memiliki arti “Kai” yaitu perubahan dan “Zen” yaitu kebijaksanaan.

Metode ini diciptakan pada tahun 1950 oleh ahli teori organisasi dan konsultasi manajemen Jepang yaitu Masaaki Imai. Dan metode ini merupakan salah satu dari sekian banyak filosofi kerja asal Jepang yang banyak diterapkan di bisnis dan perusahaan.

Dikarenakan mampu meningkatkan produktifitas kegiatan operasional pada perusahaan. Tidak hanya itu, metode ini juga dapat memberikan berbagai manfaat lainnya yang dapat mendukung keberhasilan bisnis Anda.

Lantas seperti apa pengertian, manfaat, dan cara penerapan metode Kaizen ini? yuk! Simak terus penjelasannya dalam artikel spesial dari blog CariInformasi berikut!

Apa Itu Metode Kaizen?

Kaizen adalah cara kerja dimana perbaikan dapat terus menerus dilakukan. Metode ini memiliki prinsip bahwa tidak ada yang terbaik, tetapi berubah menjadi lebih baik merupakan sebuah kewajiban.

Metode Kaizen adalah budaya kerja yang memungkinkan adanya berbagai perubahan kecil dengan intensitas yang tinggi. Berdasarkan prinsip Kaizen, kita dituntut untuk langsung melakukan perubahan revolusione,  namun dengan resiko yang dapat membahayakan operasional perusahaan.

Dan Kaizen juga merupakan metode dengan jangkauan yang luas seperti pra-produksi, produksi, pemasaran, distribusi, hingga penyeragaman kualitas produk

Metode Kaiden: Ragam Manfaatnya

Setelah mengetahui apa itu metode Kaizen, dibawah ini adalah beberapa manfaat menerapkan metode Kaizen.

  1. Menghemat data

Metode Kaizen dapat membantu menghemat data dengan mengoptimalkan anggaran. Karena dengan filosofi Kaizen, bahan sisaan yang mungkin muncul dapat diminimalisasi. Maka dengan adanya penghematan bahan baku produksi, biaya pengeluaran dapat berkurang, sehingga efisiensi akan lebih mudah tercapai.

  1. Meningkatnya produktivitas

Lancarnya kegiatan operasional dalam perusahaan, merupakan suatu hal yang penting diperhatikan. Metode Kaizen dapat mengakomodasikan hal ini dengan memecahkan masalah dan memperbaiki skala kecil yang dianggap remeh, tapi bisa memberikan dampak strategis terhadap daya produksi perusahaan.

  1. Respon terhadap masalah yang timbul

Kaizen berfokus pada perbaikan kecil, yang membuat pengambilan keputusan cepat dibuat. Sehingga dapat membuat alur produksi bisa diperbaiki sesegera mungkin.

  1. Penyerapan sumber daya lebih maksimal

Kecepatan respon yang baik terhadap masalah yang timbul, serta meminimalkan pengeluaran biaya produksi dapat membuat sumber daya perusahaan lebih optimal. Maka dengan penyerapan sumber daya yang optimal, membuat sumber daya dapat dialokasikan ke tahapan produksi lainnya.

  1. Dapat berkolaborasi dengan metode lain

Perlu diingat bahwa Kaizen merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan yang lebih baik. Maka, sangat mungkin jika kita mengkolaborasikan metode ini dengan metode lain secara bersamaan. Metode lain yang dapat diterapkan adalah LEAN, six sigma, dan SMART.

Baca juga  10 Fakta Unik Thailand yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Cara Menerapkan Metode Kaizen

Penerapan metode kaizen

Sumber: ilustrasi info.populix.co

Apa aja cara menerapkan metode ini, yuk lihat 5 caranya!

  1. Menganalisis kinerja

Dalam menerapkan metode Kaizen, hal yang perlu dilakukan adalah dengan menganalisis kemampuan awal pada sebuah tim di perusahaan. Setelah di analisis, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memilih cara-cara kerja yang tepat berdasarkan modal awal tersebut.

  1. Melihat gambaran besar dan berfokus pada satu proses

Penting untuk mengenali gambaran sistem kerja secara holistik. Hal ini perlu dipahami agar perbaikan kerja pada sebuah tim dapat berada di jalur yang tepat. Selain itu, berfokus pada satu kegiatan produksi dengan spesifik juga merupakan hal penting yang perlu dilakukan.

  1. mengidentifikasi kekurangan pada kegiatan produksi

Setelah memahami prosedur kerja sebelumnya, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah proses identifikasi tahapan yang memerlukan pembaruan. Dengan memperhatikan satu tahapan kerja dengan spesifik, langkah ini dapat dilakukan dengan lebih efektif.

  1. Memperbarui standar kerja

Nah, setelah melewati langkah-langkah diatas,  tim kerja seharusnya sudah dapat mengetahui bagian mana saja yang perlu diperbarui serta bagian mana yang perlu di prioritaskan. Perbaikan selanjutnya bisa ditentukan apakah akan disamakan pada proses produksi selanjutnya atau tidak.

Jika telah ditentukan, maka pembaruan terhadap standar kerja  dapat dilakukan sehingga satu perbaikan dapat berjalan untuk seterusnya.

  1. Tidak ada yang sempurna

Kaizen adalah metode dengan prinsip bahwa tidak ada cara yang sempurna, namun yang ada hanya cara yang lebih baik. Oleh karena itu, ketika melakukan perbaikan pada sistem, kita hendaknya tidak  mengharapkan hasil yang sempurna.

Tidak ada gunanya mengharapkan sistem kerja yang terbaik, karena hal itu akan menjauhkan kita dari perbaikan kecil yang justru dapat berguna di saat sekarang.

Baca juga  Apa itu Gas Air Mata, Dampaknya, dan Cara Penanganannya

Berikut penjelasan kami mengenai metode Kaizen. Jadi, metode Kaizen adalah metode dari Jepang yang dapat memberikan manfaat jika diterapkan di perusahaan. Dan diartikel ini kami juga telah menjelaskan apa saja manfaatnya serta cara  menerapkan metode ini di perusahaan. Semoga bermanfaat! Ikuti artikel menarik lainnya hanya di blog CariInformasi.

Avatar Mars Michaela

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *