Cara Mengatasi Kecanduan Menggunakan Gawai Pada Remaja

|

mengatasi kecanduan menggunakan gawai

Di era digital yang semakin berkembang saat ini, membuat berbagai macam jenis dan fitur pada teknologi semakin diperbaharui dari hari ke hari. Sehingga ini membuat penggunaan teknologi seperti gawai (hp) sangat dibutuhkan oleh banyak orang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga membuat kebanyakan orang khususnya para remaja tidak bisa jauh dari penggunaan gawai.

Memang dalam penggunaan gawai pada remaja bisa memberikan banyak manfaat, namun di sisi lain juga dapat memberikan dampak yang buruk. Salah satunya adalah dapat membuat remaja menjadi kecanduan terhadap penggunaan gawai.

Para remaja yang kecanduan gawai biasanya tidak menyadari bahwa hal ini bisa mempengaruhi kesehatan fisik maupun mentalnya. Maka, di artikel ini kami akan jelaskan lebih lanjut mengenai akibat buruk jika kecanduan gawai serta cara mengatasi kecanduan menggunakan gawai pada remaja. Yuk! Ikuti terus supaya kamu bisa mendapatkan manfaatnya.

Akibat Buruk Kecanduan Gawai

Akibat buruk kecanduan gawai cukup beragam, selain berdampak secara fisik, kecanduan gawai juga dapat  berdampak  pada mental. Berikut beberapa dampak buruknya yang bisa berbahaya buat kamu.

Dampak secara fisik

Dampak yang pertama kita lihat dari segi fisik. Apa aja dampaknya?

  • Seseorang yang kecanduan gawai sering kali mengalami masalah pada mata, misalnya seperti mata lelah, gangguan penglihatan, dan mata kering.
  • Penggunaan gawai yang terlalu sering membuat seseorang rentan mengalami nyeri di badan, seperti nyeri leher, bahu, dan nyeri pada jari-jari atau pergelangan tangan.
  • Layar pada gawai merupakan sarang kuman, salah satunya adalah bakteri E.coli penyebab diare. Jadi, jika seseorang sering bersentuhan dengan gawai, ini dapat meningkatkan risiko terkena infeksi berbagai bakteri.
  • Seseorang yang kecanduan gawai akan cenderung rela begadang, sehingga membuat waktu dan kualitas tidurnya berkurang. Selain itu, gangguan tidur seperti ini juga dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, hingga infertilitas.
Baca juga  8 Makanan yang Efektif Membersihkan Usus

Dampak secara mental

Dampak selanjutnya adalah dampak secara mental. Biar lebih tau, di bawah ini adalah daftar dampak yang bisa kamu rasakan ketika terlalu sering menggunakan gawai.

  • Jadi lebih mudah marah dan panik.
  • Mengalami stres yang berlebihan.
  • Merasa kesepian karena kurang bersosialisasi dengan orang lain.
  • Mengalami gangguan cemas dan depresi.
  • Sulit berkonsentrasi sewaktu belajar atau bekerja.
  • Akan lebih mudah mengalami masalah dalam hubungan sosial, baik dengan keluarga, teman, rekan kerja atau pasangan

Udah liat kan dampak-dampak yang timbul kalau kamu kecanduan pakai gawai? Pastinya setelah baca ini kamu bakal berupaya buat ngurangin penggunaan gawai. Tapi seadainya sudah terlanjut, kami tetap kasih cara supaya kamu bisa segera terbebas dari kecanduan menggunakan gawai ini.

Cara Mengatasi Kecanduan Menggunakan Gawai

Nah ini dia pembahasan yang pasti sudah kamu tunggu. Tapi sebelum kamu baca lebih lanjut, cara yang kami sampaikan di artikel ini adalah cara yang dirangkum dari berbagai artikel tepercaya dan dari pengalaman tim kami sendiri. Apa saja caranya? Ayo kita tuntaskan pembahasannya!

  1. Sering bersosialisasi dengan orang-orang terdekat

Kalau kamu sering menghabiskan waktu sendirian, kamu akan selalu merasa kesepian, dan  akan berujung untuk bermain gawai. Maka untuk mengatasi penggunaan gawai yang berlebihan, yang bisa  kamu lakukan adalah dengan sering meluangkan waktu untuk bersosialisasi bersama dengan orang-orang terdekatmu.

Misalnya, kamu bisa mengatur jadwal liburan atau sekedar berkumpul di akhir pekan bersama dengan teman dan keluarga. Dan saat berkumpul bersama teman dan keluarga, berupayalah sebisa mungkin untuk tidak mengeluarkan atau bermain gawai.

Kamu perlu gunakan waktu berkumpul dengan sebaik mungkin untuk mengobrol dan bersenda gurau. Jangan sampai penggunaan gawai menjauhkan orang terdekat yang sudah ada di depan mata.

  1. Matikan gawai sebelum tidur

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mematikan gawai 30–60 menit sebelum tidur. Mungkin awalnya  cara ini sulit untuk dilakukan, namun jika kamu sudah terbiasa dan rutin melakukannya. Hal ini akan membantu kamu untuk tidur lebih cepat dan lelap, sehingga sewaktu bangun tidur, mata, pikiran, dan tubuh kamu akan menjadi lebih segar.

  1. Hapus aplikasi yang membuatmu kecanduan

Kamu pasti memiliki beberapa aplikasi yang sering dibuka. Nah, aplikasi-aplikasi itulah yang akan membuat kamu kecanduan. Maka yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus aplikasi tersebut sementara waktu. Dengan begitu, kamu tidak akan terlalu sering membuka gawai untuk melihat aplikasi tersebut. Selain itu daripada bermain gawai, kamu bisa membaca buku untuk mengisi waktu luang.

  1. Perlu mengetahui dampak kecanduan gawai

Hal terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kecanduan gawai adalah dengan membaca dan mencari tahu apa saja dampak buruk jika kamu  kecanduan gawai. Banyak sekali dampak yang ditimbulkan dari kecanduan gawai, dari penyakit fisik, hingga psikis. Jika Kamu sudah paham dan mengetahui apa saja bahayanya, kamu akan berpikir dua kali untuk terlalu sering bermain gawai.

Baca juga  10 Fakta Unik Thailand yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Itulah tadi pembahasan tentang dampak buruk kecanduan gawai dan cara mengatasi kecanduan menggunakan gawai. Cara-cara di atas bisa kamu terapkan supaya kamu ngga sampai kecanduan menggunakan gawai.  Terbebas dari kecanduan menggunakan gawai berarti kamu bisa jadi lebih produktif lagi. Ayo semangat! Ikuti artikel menarik lainnya hanya di blog CariInformasi.

Avatar Mars Michaela

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *